DATA RTS HARUS DIVALIDASI ULANG

SAPA – DANA kompensasi BBM cair. Ribuan warga dari 17 kecamatan rela berdesakan di kantor pos untuk mendapat uang Rp 400 ribu. Rp 24.490.800.00 miliar dibagikan kepada 61227 Rumah Tangga Sasaran (RTS) dari 17 Kecamatan yang berada di bawah koordinasi Kantos Pos Ciamis.

Sisanya Rp 13.208.000.00 miliar dibagikan kepada 31000 RTS dari 9 Kecamatan lain di Kantor Pos Kota Banjar.

Penerima kompensasi BBM adalah mereka yang terdata pada Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) Tahun 2011. Data tersebut belum divalidasi ulang sehingga tidak menutup kemungkinan bayak warga miskin tidak kebagian.

“Kedepanya, kami pihak pemerintah akan melakukan validasi dan verifikasi data penerima bantuan,” ujar Wakil Bupati Ciamis H Jeje Wiradinata saat memantau pembagian dana kompensasi kemarin (27/11).

Kepala Kantor Pos Ciamis Sugiana mengatakan, pembagian dana kompensasi BBM kepada warga Ciamis sengaja dibagi menjadi dua. Kantor Pos Ciamis hanya melayani warga dari 17 kecamatan. Sisanya dilayani Kantor Pos Kota Banjar.

Tujuannya agar proses pembagian dana kompensasi lebih cepat tuntas. “Kami juga berlakukan sistem antre agar lebih tertib,” kata dia.

Kepala Bidang Pembinaan Kesejahtraan Sosial (Kesos) Dinsosnakertrans Ida Widiawati menuturkan, warga miskin yang mendapat kompenasi BBM masih menggunkan Kartu Perlindungan Sosial (KPS).

Untuk berjaga-jaga, penerima kompensasi juga diharuskan membawa KTP dan kartu keluarga yang nantinya akan dicocokan dengan data pemegang KPS. Setelah itu kartu KPS diperiksa menggunakan alat khusus untuk mengecek keasliannya.

Selanjutnya para pemegang kartu KPS akan menerima uang Rp 400 ribu. “Untuk saat ini masih menggunakan kartu KPS, sambil menunggu verifikasi dan kartu yang baru, datang,” tuturnya.

Sumber: RadarTasikmalaya dot com
                                                Penanggulangan Kemiskinan – Melawan Pemiskinan – Pengentasan Kemiskinan – TKPK – Angka Kemiskinan – IKraR – Pemberdayaan Masyarakat – PNPM Mandiri   

Terkait lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *